-->

TIPS BELAJAR AGAR TIDAK BOSAN | COCOK BUAT KAMU YANG SEDANG MENEMPUH PENDIDIKAN

Hai gais..
siapa disini yang saat belajar merasa bosan? pasti pernah kan?
Ada banyak faktor yang menyebabkan bosan saat belajar. Salah satunya yaitu melakukan hal yang sama dan diulang-ulang.

TIPS BELAJAR AGAR TIDAK BOSAN | COCOK BUAT KAMU YANG SEDANG MENEMPUH PENDIDIKAN
Source Google.com
Belajar ditempat yang sama, membaca buku yang sama, diwaktu yang sama, sumber yang sama dan lain-lain. Rasa bosan saat belajar sangat wajar muncul pada diri kita apabila kita melakukan hal yang sama terus menerus. 

Disini saya akan memberikan TIPS BELAJAR TIDAK BOSAN. cekidot!

1. Belajar dengan prinsip 50,10
Apa itu belajar dengan prinsip 50,10 ? jadi, belajar dengan prinsip 50,10 yaitu prinsip belajar dengan menerapkan waktu, 50 menit belajar dan 10 menit istirahat.Jika kalian merasa terlalu lama belajar dalam waktu 50 menit nonstop dan 10 menit  istirahat kalian bisa mengurangi durasinya. Contohnya 15 menit belajar 5 menit istirahat, 25 menit belajar 10 menit istirahat, 35 menit belajar 15 menit istirahat, atau kalian bisa atur durasinya sesuka kalian, tapi yang harus di ingat durasi istirahat tidak boleh lebih lama dari belajar yaa gaiss. Waktu istirahat harus kalian gunakan dengan sebaik mungkin yaa, jangan gunakan waktu istirahat untuk bermain game.

2. Membuat Targer Belajar
Kita wajib membuat target dalam belajar,seperti berapa soal yang akan dikerjakan hari ini, berapa buku yang wajib dibaca saat ini, dan lain sebagainya. Karena dengan kita membuat target dalam belajar kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Dengan membuat target dalam belajar kita akan selalu terpacu untuk melampaui batas dalam belajar.

3. Reward atau Punishment
Jika kita sudah mencapai target kita dapat memberikan reward kepada diri kita sendiri. Reward bermacam-macam seperti, akan mendapatkan waktu tambahan untuk istirahat. Dengan memberikan reward kepada diri kita sendiri akan membuat diri kita merasa puas atas apa yang sudah di lampaui. Dan jika kita tidak dapat mencapai target dalam belajar kita wajib mendapatkan punishment seperti mengurangi durasi istirahat.

4. Perluas Sumber
Kita harus cari sumber-sumber baru. Seperti dari buku baru, buku baru dalam hal ini tidak harus buku yang masih bersegel yaa, buku yang kita dapatkan dari perpustakaan sekolah juga bisa kita jadikan sebagai sumber dalam belajar. Ada alternatif lain jika kalian sedang tak ingin memegang buku, kalian bisa mencari di internet karna bisa menghemat waktu dan budget.

5. Suasana Baru
Ini juga termasuk faktor pendorong rasa bosan saat belajar yaitu temapat yang selalu sama. Kita butuh suasana baru dalam belajar. Suasana baru bisa kita dapatkan dengan cara mencari tempat baru, jika biasanya belajar indor, bisa juga kita mencoba belajar outdor seperti di taman, balkon rumah, cafe dan lain sebagainya. Dengan adanya suasana baru otak kita akan merasa lebih mendapatkan asupan baru.

6. Membuat Kelompok Belajar
Terkadang kita bosan jika harus belajar seorang diri. Kita butuh berdiskusi, oleh sebab itu kita bisa membuat kelompok belajar. Kita bisa invite teman-teman untuk membuat kelompok belajar. Kita bisa mendapatkan keuntungan.


Demikian TIPS BELAJAR AGAR TIDAK BOSAN  semoga bermanfaat untuk teman-teman semuaa.
satu hal yang harus diingat yaitu tips diatas harus dilakukan terus-menerus agar terhindar dari rasa bosan saat belajar.

Belum ada Komentar untuk "TIPS BELAJAR AGAR TIDAK BOSAN | COCOK BUAT KAMU YANG SEDANG MENEMPUH PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel